Beranda Luwu PT Masmindo, Bersama Berbakti Membangun Negeri

PT Masmindo, Bersama Berbakti Membangun Negeri

0
PT Masmindo, Bersama Berbakti Membangun Negeri

LUWU,CARIBERITA.ID-PT Masmindo Dwi Area (Masmindo) adalah Pemegang Izin Kontrak Karya sejak 1998 untuk proyek tambang emas di Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan. Saat ini Masmindo telah menjadi bagian dari korporasi Indika Energy Tbk., perusahaan nasional ternama yang memiliki pengalaman mengelola sejumlah tambang di berbagai wilayah Indonesia. Masmindo sedang berada dalam fase pra- konstruksi. Persiapan pembangunan fasilitas tambang (konstruksi) sedang terus dilakukan perusahaan saat ini. Selesainya proses konstruksi akan mengantarkan Masmindo ke fase penting berikutnya yaitu operasi- produksi.

Tahapan-tahapan konstruksi dan operasi-produksi ke depan diproyeksikan akan lebih banyak lagi menyerap tenaga kerja, serta juga sejumlah usaha jasa pendukung pertambangan, termasuk di dalamnya dari pihak-pihak setempat. Di samping itu, sejumlah besar potensi manfaat juga tentunya akan semakin dialirkan perusahaan, baik dari sisi pemasukan bagi negara dan pemerintah setempat (pajak, royalty, dll). Manfaat utama juga akan mengalir bagi warga masyarakat dan para pihak berkepentingan setempat (stakeholders) melalui implementasi sejumlah Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

Masmindo berkomitmen menerapkan kaidah pertambangan yang baik dalam operasinya. Termasuk pelaksanaan tanggung jawab sosial dan pengelolaan lingkungan, serta memberikan manfaat berkelanjutan bagi para pemangku kepentingannya, khususnya warga masyarakat terdekat yang berada di sekitar wilayah tambang.

Sejumlah program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM) telah dan terus dilaksanakan Masmindo, yang terutama dikhususkan di desa-desa terdekat sekitar tambang (Area Ring 1). Program ini diimplementasikan berdasarkan arahan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia tentang pentingnya kontribusi pertambangan untuk 8 aspek (pilar) PPM, yakni : (1) Pendidikan, (2) Kesehatan, (3) Pendapatan Riil, (4) Kemandirian Ekonomi, (5) Sosial Budaya, (6) Pengelolaan Lingkungan, (7) Kelembagaan Komunitas Masyarakat, dan (8) Infrastruktur.

Di periode ini, tercatat sejumlah insiatif penting PPM Masmindo di berbagai aspeknya, yakni :

  1. Program Kesehatan.
    Secara rutin (bulanan), sejak 2020 Masmindo telah melaksanakan “Program Pengobatan bagi Masyarakat” yang terutama ditargetkan untuk 8 desa sekitar tambang yang ada di Kec. Latimojong.

Program ini merupakan kerjasama Dinas Kesehatan Kab. Luwu dan Puskesmas Latimojong, dan diberikan dalam bentuk layanan pemeriksaan dan konsultasi dokter, cek kesehatan, serta pemberian obat dan vitamin. Tercatat sekitar 300-400 warga masyarakat (umumnya lansia) yang terlayani oleh program ini setiap bulannya.

Program Pengobatan Gratis

Selain itu, Masmindo juga terus melanjutkan “Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT)” bagi lebih dari 1.300 balita di 8 desa, serta dukungan pelatihan dan peningkatan kapasitas 30 bidan desa dan Kader Kesehatan di 5 desa.

Dukungan kesehatan lain yang pernah diberikan perusahaan adalah kontribusi 2.500 rapid/antigen test kits bagi Dinas Kesehatan Kab. Luwu dan pihak rumah sakit, sejumlah 20 tabung oksigen bagi RSUD Batara Guru dan rumah sakit/klinik setempat, serta penggalakkan sosialisasi anti-covid melalui sejumlah publikasi.

Donasi Antigen Test Kits untuk Dinas Kesehatan Kab. Luwu.
  1. Program Lingkungan (Gerakan Sejuta Pohon).
    Pada Maret 2022 lalu, Masmindo berinisiatif melakukan pencanangan “Gerakan Sejuta Pohon”, yang dikoordinasikan bersama-sama Dinas Lingkungan Hidup Kab. Luwu. Sejumlah lebih dari 15.000 bibit pohon telah didistribusikan secara gratis kepada warga masyarakat di 8 desa sekitar tambang.
Pencanangan Gerakan Sejuta Pohon.

Sejalan dengan gerakan ini, sejak April 2022 lalu Masmindo juga telah memulai “Gerakan Penanaman Mangrove” di wilayah pesisir sekitar Pelabuhan Taddatte – Belopa, yang dikerjasamakan bersama-sama Dinas LH Luwu dan Lembaga Komunitas Mangrove Indonesia (LKMI) Luwu. Saat ini lebih dari 2.500 bibit telah ditanam atas kerja sama semua pihak di areal seluas lebih dari 1.300 m2.

Gerakan Penanaman Mangrove bersama Bupati Luwu.

Dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Dunia 5 Juni 2022 lalu, Masmindo juga berhasil melaksanakan kegiatan “Pekan Lingkungan Hidup” yang mengadakan sejumlah kegiatan bertema lingkungan. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi : gerakan kebersihan dan penanaman mangrove di areal pesisir Taddatte, penanaman Multi Purpose Tree Species/MPTS (durian montong, rambutan dan lengkeng) di desa-desa dataran tinggi Kec. Latimojong, penyadaran dan sosialiasi lingkungan melalui podcast, lomba foto lingkungan, dll.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Dunia.

Baru-baru ini (Juli 2022), dalam rangka peringatan Hari Mangrove 2022, Masmindo mendukung penuh kegiatan “Kemah Lingkungan” yang diinisiasi oleh LKMI Luwu. Dalam acara diadakan Dialog Lingkungan yang menghadirkan narasumber Dinas Lingkungan Hidup Kab. Luwu, Pemerintah Desa Senga Selatan dan wakil pemuda Luwu, serta perwakilan Masmindo. Selain dialog dan diskusi, acara kemudian dilanjutkan dengan penanaman mangrove bersama, yang berlangsung hingga larut malam. Kegiatan ini didukung secara antusias oleh 16 organisasi pemuda, organisasi mahasiswa dari beberapa kampus di wilayah Luwu Raya, serta juga perwakilan LSM setempat.

  1. Program Pendidikan.
    Baru-baru ini (Agustus 2022) Masmindo telah menyerahkan sejumlah bantuan 40 set meubelair sekolah Tahap 1 untuk SD Ranteballa. Pada saat yang sama, Masmindo juga memberikan kontribusi tas sekolah (ransel) dan buku-buku bagi 350 siswa yang ada di 4 sekolah dasar (SD) yang ada di 5 desa terdekat tambang.
Bantuan Tas Sekolah.

Dalam periode Agustus 2022 ini, Masmindo dan Gerakan Sebar Ilmu (GRASI) juga telah menginisiasi “Program Pengenalan Bahasa Inggris” sejak dini bagi para siswa, yang dimulai di SD Boneposi. Di saat yang sama Masmindo juga mendukung penuh kegiatan “Pendidikan Karakter” bagi siswa SD Ranteballa, bekerjasama dengan Jaringan Indonesia Mengajar (JEMARI).

Program Sosialisasi Keselamatan (safety) kepada para siswa juga telah dan akan terus dilaksanakan Masmindo. Dalam periode ini sekitar 280 siswa SMKN 2 Luwu telah menerima materi dimaksud, yang terutama dilaksanakan saat Peringatan Bulan Bakti K3 pada Januari-Februari 2022 lalu.

Sosialisasi Keselamatan bagi Siswa.

Masmindo telah mendirikan “Banua Manarang” di Tobarru yang berfungsi sebagai perpustakaan anak dengan koleksi 250 buku, 30 permainan edukatif, 10 alat musik, dan berbagai perlengkapan menggambar. Selain itu, “Program Guru Bantu” di SD Salubulo juga terus dilaksanakan perusahaan.

Aktivitas Banua Manarang.
  1. Dukungan Budaya.
    Hubungan baik sudah terjalin antara Masmindo dengan pihak Kedatuan Luwu serta seluruh perangkat adat yang ada di daerah ini. Sejumlah dukungan telah diberikan perusahaan untuk perbaikan sejumlah fasilitas di Istana Kedatuan Luwu di Palopo. Dukungan diberikan dalam bentuk pembenahan dan pemasangan keramik lantai dasar istana, serta pembuatan kamar mandi dan fasilitas pendukungnya untuk Istana Langkanae. Bantuan telah diselesaikan perusahaan dan telah diserahterimakan kepada pihak kedatuan pada Mei 2022 lalu.
Manajemen Masmindo dan YM Datu Luwu.

Masmindo juga secara aktif turut memeriahkan kegiatan “Kirab Budaya”, bersama-sama dengan seluruh komponen warga Luwu lainnya dalam rangka Peringatan HUT Perlawanan Rakyat Luwu pada Januari 2022 lalu.

Kontingen Kirab Budaya Masmindo.

Secara rutin, Masmindo telah dan terus memberikan dukungannya bagi 3 sanggar seni setempat : Sanggar Seni Latimojong, Sanggar Seni Sallang Ri Luwu, dan Sanggar Seni Maddika Bua.

Dukungan Masmindo bagi Sanggar Seni.

Selain dukungan tersebut, Masmindo dan Sanggar Seni Cening Ati juga telah memproduksi rekaman video lagu-lagu tradisional khas Luwu, antara lain lagu-lagu dengan Bahasa Ta’e, sebagai bagian dari upaya pelestarian bahasa lokal Luwu.

Dukungan bagi Sekolah Budaya Ilagaligo.

Masmindo juga aktif membantu Sekolah Budaya Luwu (SBL) I La Galigo dengan menyediakan sarana dan prasarana kegiatan belajar mengajar dan dukungan lainnya hingga sekolah ini dapat mengantarkan kelulusan lebih dari 50 siswa di setiap angkatannya.

  1. Bantuan Infrastruktur.
    Secara rutin, Masmindo melakukan upaya perbaikan dan pemeliharaan ruas-ruas jalan akses desa yang ada di sekitar wilayah operasinya, terutama ruas Kadundung-Ranteballa sejauh lk. 10 km, serta ruas jalan akses Ranteballa-Boneposi hingga Ulusalu dan Pajang. Selain itu, perusahaan juga membantu perbaikan jalan tani di Boneposi serta pembuatan jalan baru di Ulusalu. Atas upaya-upaya ini, kemudahan dan kelancaran akses transportasi melalui jalan-jalan akses desa akhirnya juga dapat dinikmati oleh semua pihak.
Perbaikan & Pemeliharaan Jalan Akses Desa.

Dalam penanganan dampak bencana banjir dan tanah longsor, Masmindo juga bekerjasama dengan baik bersama-sama pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Luwu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Luwu, dan Pemerintah Kecamatan Latimojong untuk segera memperbaiki ruas-ruas jalan yang terdampak. Unit alat berat Masmindo selalu sigap bergerak untuk setiap upaya perbaikan jalan umum ini.

Dalam dukungan infrastruktur, pada 2021 lalu Masmindo juga telah memberikan dukungan alat beratnya terkait pekerjaan penyiapan dan pembersihan lahan (land clearing) untuk rencana kantor Polsek Bastem seluas lk. 1 ha, bekerjasama dengan Polres Luwu dan pemerintah setempat.

  1. Media Sharing Session.
    Dalam periode ini (Mei 2022), Masmindo telah menggagas kegiatan “Sharing Session” bagi media-media lokal Luwu yang dihadiri oleh 24 perwakilan media.

Tujuan kegiatan terutama adalah berbagi informasi dan sekaligus memberikan pemahaman dan sejumlah pembekalan materi yang terkait dengan peliputan pertambangan yang baik.

Media Sharing Session bersama 24 Media Lokal Luwu.

Kegiatan yang dipandu oleh jurnalis senior dari Jakarta ini juga menghadirkan sejumlah narasumber dari pihak Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Prov. Sulsel dan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kab. Luwu.

Ke depan, kegiatan ini akan dilanjutkan perusahaan secara berkala, dengan tetap berkoordinasi bersama dinas terkait setempat.

Kolaborasi serta dukungan Masmindo bagi sejumlah asosiasi pers setempat, baik di wilayah Kab. Luwu maupun Palopo, juga akan terus dilaksanakan perusahaan.

Dukungan Masmindo untuk Asosiasi Media.

Keterbukaan komunikasi perusahaan juga dibuktikan dengan diaktifkannya Kantor Perwakilan Masmindo di Belopa sejak 2021 lalu, yang secara mudah dapat diakses oleh publik setempat yang ingin mendapatkan kejelasan informasi tentang perusahaan.

  1. Sosialisasi Desa Tanggap Bencana.
    Masmindo bekerjasama dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu dan Pemerintah Kec. Latimojong telah dan akan terus melaksanakan sosialisasi bagi warga masyarakat terkait kesadaran dan kesiapsiagaan warga menghadapi bencana.

Program “Desa Tanggap Bencana (Destana)” telah mulai dicanangkan pada Mei 2022 lalu, dimulai di Desa Tolajuk sebagai bagian dari upaya Masmindo mendukung terbentuknya Destana ini. Selain pembentukan Kelompok Destana, juga diberikan sejumlah materi dan pembekalan, termasuk basic life support, P3K, dan pelatihan keselamatan lain.

Program Pelatihan Bagi Kelompok Destana.

Ke depan, Masmindo bersama BPBD Luwu dan Pemerintah Kec. Latimojong akan bersama-sama menargetkan terbentuknya Tim Tanggap Darurat (Emergency Response Team / ERT) untuk wilayah setempat dengan sejumlah kompetensinya.

  1. Masmindo Cup 2022.
    Masmindo telah menggagas dilaksanakannya turnamen sepakbola bergengsi di wilayah ini bertajuk “Masmindo Cup 2022”. Turnamen berlangsung secara marathon selama 26 hari (Juni s.d. Juli 2022), dan mempertandingkan 24 klub sepakbola setempat yang ada di Luwu Raya. FC Tanamanai – Belopa secara gemilang berhasil meraih gelar Juara 1 dalam turnamen ini.
Juara 1 Masmindo Cup 2022.

Pelaksanaan event turnamen ini merupakan wujud kerjasama yang baik antara Masmindo dan pihak panitya pelaksana yang dimotori kelompok Pemuda Andi Djemma – Belopa.

Dalam rangka promosi Budaya Luwu, Masmindo juga mendukung penuh ditampilkannya sejumlah seni tradisional Luwu saat upacara pembukaan turnamen ini. Sanggar Seni Latimojong mempersembahkan tari kolosal “Pajaga Lili” yang dimerahkan 50 penari, sementara Sanggar Seni Maddika Bua menyuguhkan tari “Panngaru” untuk menjemput sejumlah tamu-tamu penting yang hadir saat acara.

Tari Pajaga Lili.

Selain merupakan ajang olah raga, semangat pelaksanaan event ini juga terutama untuk mendorong pelaku usaha setempat yang sempat vakum selama lebih dari 2 tahun karena pandemic Covid-19. Sejumlah lebih dari 60 kios UKM ikut aktif memeriahkan kegiatan turnamen ini, dan mereka meraup sejumlah besar omzet selama kegiatan berlangsung karena membludaknya pengunjung.

Suasana UKM di Masmindo Cup 2022.

Saat kegiatan penutupan, Masmindo juga menggagas dilakukannya kegiatan Donor Darah dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga masyarakat. Tercatat sekitar 300 partisipan yang mengikuti program kesehatan ini.

Kegiatan Donor Darah di Masmindo Cup 2022.
  1. Kiprah Masmindo di HUT RI 17 Agustus 2022.
    Dalam kemeriahan perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2022 ini, Masmindo juga menunjukkan kepeduliannya dengan memberikan bingkisan bagi sekitar 150 tamu dari Legiun Veteran RI. Bingkisan Masmindo bagi para pejuang kemerdekaan tersebut diserahkan langsung Bupati Luwu kepada para tamu kehormatan ini selepas upacara.
Bupati Luwu dan Veteran RI.

Selain itu, Masmindo juga memberikan sejumlah kontribusi untuk kegiatan peringatan HUT RI kepada wilayah kecamatan dan desa- desa terdekat tambang.

Kemeriahan HUT RI di Kec. Latimojong.

Masmindo dengan cermat selalu memperhatikan manfaat ganda yang beruntun (multiplier effect) dari operasi tambangnya. Terdapat sejumlah peluang dan potensi manfaat ke depan yang dipastikan akan mengalir dari perusahaan kepada para pihak setempat, apalagi jika perusahaan sudah memasuki fase operasi-produksi.

Aspek keberlanjutan program PPM serta keterlibatan (partisipasi) warga dan para pihak setempat adalah hal yang sangat penting. Dan untuk ini, Masmindo yakin bahwa sinergi dan peran aktif semua pihak adalah prasyarat untuk keberhasilan tujuan program pemberdayaan ini. Sehingga harapan umumnya warga Luwu untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud ke depannya.

Comment

error: Content is protected !!