Beranda Luwu Tagana Luwu Lakukan Persiapan Jelang Kegiatan Pencanangan Kawasan Siaga Bencana

Tagana Luwu Lakukan Persiapan Jelang Kegiatan Pencanangan Kawasan Siaga Bencana

0
Tagana Luwu Lakukan Persiapan Jelang Kegiatan Pencanangan Kawasan Siaga Bencana

LUWU,CARIBERITA.ID- Dalam rangka mempersiapkan pencanangan lokasi pelaksanaan Fasilitasi Pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB), pemerintah Kabupaten Luwu melalui Taruna Siaga Bencana (Tagana), di bawah naungan Dinas Sosial Luwu melakukan pengecekan lokasi dan pembersihan area yang akan digunakan untuk agenda pencanangan tersebut, Rabu (30/6/2021), di lapangan bola kelurahan Padang Sappa.

Persiapan dilakukan oleh tim Tagana Luwu bersama pemerintah setempat guna mematangkan persiapan pelaksanaan fasilitasi pembentukan KBS yang berlokasi di lapangan sepak bola Kelurahan Padang Sappa, serta dilanjutkan pada Jumat, 1 Juli mendatang bertempat di lapangan Andi Maradang, Kecamatan Bua.

Pencanangan lokasi KSB yang akan diadakan di 2 lokasi berbeda dalam waktu yang sama, mulai dari tangga 3 hingga 5 Juli 2021 di beberapa yakni Kecamatan Ponrang, Bua 5 Juli 2021 di mana rencananya akan menghadirkan Plt. Gubernur Sulsel dan Pihak Dinas Sosial Provinsi.

Dilansir dari laman akun instagram Dinas Sosial, @linjamsos_luwu tentang persiapan agenda tersebut, dijelaskan bahwa KBS merupakan kegiatan yang lahir dari Direktorat Perlindungan dan Jaminan Sosial, Kementerian Sosial. الرهان في سباق الخيل

Adapun tujuannya yakni memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat tentang bahaya resiko bencana, membentuk jejaring siaga bencana berbasis masyarakat dan memperkuat interaksi sosial antar masyarakat, mengorganisasikan masyarakat terlatih siaga bencana, menjamin terlaksananya kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat yang berkesinambungan serta mengoptimalkan potensi dan sumber daya penanggulangan bencana.

Saiful Abdullah, selaku kepala bidang perlindungan dan jaminan sosial menerangkan bahwa agenda pencanangan lokasi kampung siaga bencana ini, sebelumnya telah disurvey oleh tim Dinas Sosial Provinsi Sulsel yang akhirnya disetujui sebagai lokasi KBS dan telah dilaporkan ke Kementerian Sosial. casino888

Kegiatan KBS tersebut akan dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut di 2 lokasi berbeda dengan 3 agenda inti. Yakni, di hari pertama persiapan dan sosialisasi tentang KSB yang dilakukan di masing-masing lokasi.

Selanjutnya di hari kedua, menyasar agenda pelatihan teknis bagi masyarakat mengenai penanggulangan bencana oleh instruktur nasional yang difasilitasi oleh Kementerian Sosial.

Pada hari ketiga, dilaksanakan acara puncak, yakni simulasi penanggulangan bencana yang telah masyarakat peroleh bekal pelatihannya di hari kedua. Simulasi tersebut berpusat di Kelurahan Padang Sappa, Kecamatan Ponrang, dilanjutkan penayangan secara online, simulasi serupa oleh tim Tagana dan masyarakat Kecamatan Bua. قوانين الروليت

Comment

error: Content is protected !!