Beranda Kesehatan Berikut 7 Tips Hidup Sehat Di Musim Hujan Versi CaBer

Berikut 7 Tips Hidup Sehat Di Musim Hujan Versi CaBer

0
Berikut 7 Tips Hidup Sehat Di Musim Hujan Versi CaBer

HEALTHY, CARIBERITA.CO.ID – Memasuki musim hujan, kita mungkin jadi lebih sering sakit. Namun jangan sampai “ancaman” penyakit malah jadi menghambat produktivitas Anda. Ikuti Tips Sehat Versi CaBer ini agar Anda bisa tetap sehat saat musim hujan

1. Selalu membawa payung atau jas hujan

Tips musim hujan yang pertama adalah membawa payung atau jas hujan. Kedua benda ini penting sekali dibawa ke mana pun Anda pergi apalagi saat musim hujan. Meski pagi hari matahari nampak sangat cerah, Anda tidak akan tahu cuaca sore hari. Bisa jadi Anda terjebak hujan hingga malam karena menganggap tidak akan turun hujan hari itu.

2. Konsumsi makanan sehat

Saat musim hujan, suhu jadi lebih rendah dan tubuh juga memerlukan banyak kalori untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, tubuh juga perlu banyak asupan nutrisi untuk mencegah terserang penyakit. Jadi, terapkanlah tips musim hujan ini dengan perbanyak makan makanan kaya vitamin C dan antioksidan karena dapat menguatkan imun tubuh.

3. Cuci tangan dengan sabun

Tips kesehatan musim hujan yang satu ini tak kalah penting. Anda mungkin memiliki kebiasaan buruk tidak mencuci tangan saat ingin melakukan apa pun, dan hal inilah yang harus diubah. Tangan adalah tempat yang sangat baik menjadi sarang virus dan bakteri, bisa saja Anda terserang flu karena tidak menjaga kebersihan tangan. Jika tidak sempat cuci tangan, bawa hand sanitizer ke mana pun.

4. Minum air bersih dan sesekali teh herbal

Banyak minum air putih juga membantu detoks tubuh dari racun dan menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit. Tidak hanya itu, tips kesehatan musim hujan ini penting untuk memastikan bahwa air yang Anda minum bersih dan matang. Minum teh herbal juga baik baik sekali untuk menguatkan dan menghangatkan tubuh, apalagi diminum setela kehujanan.

5. Minum vitamin C

Vitamin C membantu meningkatkan kekebalan tubuh dengan merangsang produksi sel darah putih untuk melindungi Anda dari risiko infeksi atau penyakit.

Selain itu, antioksidan dalam vitamin C dapat membantu meningkatkan stamina tubuh secara keseluruhan untuk mencegah Anda cepat stres dan kelelahan.

6. Mandi setelah hujan-hujanan

Agar tetap sehat saat musim hujan, baiknya segera mandi setelah basah kuyup hujan-hujanan. Kenapa?

Hujan itu sendiri memang tidak otomatis bisa bikin sakit, tapi airnya mungkin mengandung partikel-partikel polusi dan bakteri yang terbawa oleh angin dan mungkin terhirup. Selain itu, cipratan dari genangan air kotor di musim hujan juga dapat mendaratkan bakteri atau virus ke kulit kita.

Terlebih, daya tahan tubuh kita selama musim hujan cenderung lebih lemah dari biasanya sehingga lebih cepat jatuh sakit.

7.    Kenakan Pakaian Yang Tebal dan Hangat

Pakaian juga akan mempengaruhi kesehatan anda dimusim penghujan. Baju tipis dan transparan kurang cocok dikenakan saat musim ini, terutama jika aktifitas yang anda lakukan lebih banyak diluar ruangan. Untuk itu, ada baiknya beralihlah pada pakaian yang lebih tertutup, tebal serta terasa hangat untuk tubuh anda. Pakaian dengan model seperti ini tentunya akan menjaga anda dari udara dingin saat musim penghujan. Berikut adalah 8 tips pintar yang sebaiknya anda terapkan saat musim hujan tiba, agar resiko terjadinya gangguan kesehatan bisa lebih di minimalisir. Semoga bermanfaat!

Source : Dikutip dari berbagai sumber

(Mhuly)

Comment

error: Content is protected !!