Beranda Maros Program Keserasian Sosial, Desa Labuaja Gelar Kegiatan Peningkatan Semangat Gotong Royong

Program Keserasian Sosial, Desa Labuaja Gelar Kegiatan Peningkatan Semangat Gotong Royong

0
Program Keserasian Sosial, Desa Labuaja Gelar Kegiatan Peningkatan Semangat Gotong Royong

MAROS, CARIBERITA.CO.ID – Kearifan lokal merupakan nilai mendasar dari suatu daerah, karena itu melahirkan identitas kedaerahan masing-masing. Yang menjadi penanda eksistensi daerah tersebut.

Dalam rangka memperkuat nilai-nilai kearifan lokal tersebut, erat kaitannya dengan membangun kehidupan yang harmonis dan semangat kegotongroyongan di masyarakat, Keserasian Sosial Nahung bersama pemerintah Desa Labuaja menggelar kegiatan yang mendukung peningkatan semangat kegotong royongan dan suasana sosial yang harmonis di tengah-tengah masyarakat.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan yakni Sarahsehan, dalam bentuk Diskusi Tematik Re-Orientasi Pembangunan Desa Menuju Masyarakat yang Harmoni dengan tema “Memperkuat nilai-nilai kearifan lokal dalam membangun kehidupan yang harmonis di masyarakat” tersebut digelar di kantor desa Labuaja, kecamatan Cenrana, Maros. baru-baru ini.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh kepala Dinas Sosial Kabupaten Maros, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, Babinsa, Babhinkambtibmas, tokoh masyarakat, tokoh perempuan dan tokoh pemuda serta masyarakat penerima manfaat dari kegiatan Sosial Nahung, Labuaja yang salah satunya adalah kegiatan fisik yakni pengerjaan jalan beton di Dusun Nahung Desa labuaja, Kec Cenrana Maros.

Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial (Lingjamsos) Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, Abd. Rahman Saleh mengatakan, budaya gotong royong yang ada di masyarakat yang menjadi ciri khas kita harus dikembalikan lagi selaku budaya yang saat ini mulaiberkurang.

“Kita mesti bekerjasama untuk mengembalikan ciri khas kita, yakni gotong royong. Dengan gotong royong ini tentunya banyak hal yang bisa kita lakukan bersama, utamanya di tingkat desa,” ujarnya.

Senada, Kadis Sosial Kabupaten Maros, A Rahmat Burhanuddin menyampaikan, dengan kerjasama ini maka banyak hal yang akan bisa dicapai, salahsatu tujuansebenarnya itu untuk mencegah terjadinya konflik sosial.

“Banyak juga yang bisa kita lakukan, berbagai macam konflik sosial bisa kita redam. Karena dengan gotong royong yang semakin ditingkatkan, secara otomatis konflik-konflik yang ada di masyarakat secara perlahan dapat diredam,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, salah seorang tokoh masyarakat, berharap kebudayaan yang dulunya kental di masyarakat, yakni gotong royong ini dapat benar-benar diimplementasikan dan membangun kampung bersama-sama.

“Harapannya ini benar-benar dapat dilaksanakan dengan baik, dengan dukungan dari pihak pemerintah desa, kecamatan, dinsos provinsi dan kabupaten, insya Allah gotongroyong ini dapat dijaga terus menerus,” tutupnya.

Caber Maros : Hamzah Usman

Comment

error: Content is protected !!