Beranda Hiburan & Pariwisata Kompleks Megalit Kalimbuang Bori Yang Mirip Stonehenge

Kompleks Megalit Kalimbuang Bori Yang Mirip Stonehenge

0
Kompleks Megalit Kalimbuang Bori Yang Mirip Stonehenge

TRAVEL, CARIBERITA.CO.ID – Heyylooohh Caber readers yang berjiwa petualang, apa kabar kalian? Udah weekend lagi yah 😄. Jangan gundah bin gulana, Gak perlu resah binti gelisah. Kali ini, kita akan jalan-jalan di tempat yang lebih ketceh.

Kemarin, kita sudah memanjakan mata dengan keindahan puncak Pango-Pango yang tiada tara. Nah kalian jangan beranjak dulu dari Tana Toraja. Masih buanyaaakk destinasi yang wajib sekalian kita kunjungi.

Bergeser sedikit, kita ke Toraja Utara. Daerah ini memang dikenal dengan alamnya yang masih asri dan adat budayanya yang masih sangat kental.

Di kecamatan Sesean kita akan menemukan Kalimbuang Bori. Wisata yang bertema sejarah dan budaya masyarakat Toraja.

Di area ini, terdapat beberapa menhir, yakni batu-batu tinggi yang tegak berdiri dengan berbagai ukuran mirip Stonehenge di Inggris. Bedanya, batu-batu (menhir) ini didirikan dengan sengaja untuk menghormati leluhur yang meninggal dan dengan melalui proses upacara yang sakral yang disebut Rapasan Sapurandan.

Jadi tidak sembarang orang yang boleh melakukan pembentukan dan penanaman menhir ini. Kabarnya juga, ada 24 kerbau dikurbankan untuk upacara tersebut.

Kalimbuang Bori’ ini sudah ada sejak tahun 1718 dan telah diresmikan oleh UNESCO sebagai warisan dunia. That’s why, wisata ini juga banyak digemari turis asing.

Gak mahal kok HTMnya, cuman sepuluh ribu rupiah dan kalian bisa menikmati keindahan Kalimbuang Bori’ sepanjang hari. Siapkan kamera terbaikmu sebab batu-batu menhir ini bisa menjadi spot yang truly instagramble. Apalagi disekitar menhir juga terdapat rumah-rumah tongkonan khas Toraja yang semakin membuat jiwa narsis kalian menjerit untuk berfoto.

Akses jalan mudah dilalui dengan motor atau mobil. Terlebih, sejauh perjalanan kalian akan disuguhkan pemandangan persawahan tanpa polusi ala ibukota.

Nah, menarik bukan untuk dikunjungi. Semoga selepas dari Kalimbuang Bori’, Caber readers bisa jadi lebih menghormati adat budaya daerah lain, dan tentu saja bisa lebih mencintai Indonesia yang telah memberikan alam yang begitu kaya. Ingat yah, jangan merusak situs-situs yang ada disana. Terutama masalah sampah, you know what you should do 😊.
Well, Caber readers. Happy weekend. Ayo ke Toraja. 😁

Caber Traveling Mhuly

Comment

error: Content is protected !!