Beranda Maros Dialog KAHMI di Maros, Akbar Tanjung : Sistem Pemilu Mesti Dievaluasi

Dialog KAHMI di Maros, Akbar Tanjung : Sistem Pemilu Mesti Dievaluasi

0
Dialog KAHMI di Maros, Akbar Tanjung : Sistem Pemilu Mesti Dievaluasi

MAROS – Majelis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Sulawesi Selatan dan Majelis Daerah KAHMI Kabupaten Maros menggelar dialog nasional di Hall 2 Grand Convention Maros, Ahad (13/10/2019).

Dialog nasional yang digelar di Hall 2 Grand Convention Maros itu mengangkat tema “Demokrasi dalam Perspektif Pemilihan Langsung 2020”, menghadirkan keynote speaker, mantan Ketua DPR RI , Akbar Tanjung, yang merupakan Ketua Dewan Penasehat Majelis Nasional KAHMI.

Dalam paparanya, Akbar Tanjung mengatakan kedaulatan ada di tangan rakyat, maka Pemilu ditentukan oleh rakyat.

“Pemilu menurut pandangan saya, sistemnya mesti ada evaluasi kembali. Karena sistem Pemilu kita adalah berdasar suara terbanyak yang terpilih, tetapi inilah yang menjadikan banyak yang mengusahakan segala cara untuk meraih suara. Tidak menutup kemungkinan akan terjadi money politic,” ujarnya.

Menurutnya, perlu ada peran dari kader HMI atau KAHMI yang turut aktif dalam mengawal sistem demokrasi kita.

“Semakin banyak kader HMI yang berperan aktif, saya pikir demokrasi kita akan lebih baik. Ide dan gagasan cerdas dari kader itu sangat dibutuhkan. Sebagaimana tujuannya, untuk terbinanya insan akademis yang bernafaskan Islam dan bertanggungjawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhai Allah Swt,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Daerah KAHMI Maros, M Yunus Tiro mengatakan, dialog nasional yang menghadirkan Akbar Tanjung tersebut digelar sebagai rangkaian Milad ke-53 KAHMI.

“Kita tentu sangat berterimakasih atas kehadiran Kakanda Akbar Tanjung, karena di tengah padat kesibukannya, beliau masih menyempatkan hadir di Maros. Ini adalah bukti kecintaan beliau terhadap HMI,” ucapnya.

Terkait pelaksanaan dialog ini, dilaksanakan berdasarkan hasil diskusi terkait kondisi politik lokal menjelang pelaksanaan Pilkada Maros 2020.

“Kami berfikir untuk membahas bersama tentang kondisi politik menjelang Pilkada Maros, karenanya dalam acara ini kamu mengundang bakal calon Bupati Maros untuk menyampaikan visi dan keinginan mereka ke depan. Setidakya untuk melihat keseriusan mereka dalam kontestasi politik Pilkada,” jelasnya.

Dalam dialog nasonal ini, bakal calon Bupati Maros yang hadir, yakni AS Chaidir Syam, Suhartina Bohari, Andi Ilham Nadjamuddin, Nurhasan, Wawan Mattaliu, Salman Sanusi, Prof Yusran Jusuf, Dr dr Lukman Waris dan drg Ardiansyah S Pawinru.

Panelis lain dalam dialog nasional ini, Koordinator Majelis Nasional KAHMI, Sabaruddin Amrullah dan Ketua HIPMI Sulsel, Herman Heizer.

Hadir pula Ketua Presidium Majelis Wilayah KAHMI Sulawesi Selatan, Moh Roem, Bupati Bone, Andi Fahsar M Padjalangi. Juga Kapolres Maros, AKBP Yohanes Richard Andrians.

Ketua Panitia Dialog Nasional KAHMI Maros, Muh Nurhamdani mengapresiasi kinerja jajaran panitia yang telah bekerja keras menyukseskan kegiatan tersebut.

“Ini berkat kerja keras panitia pelaksana dan SC, dukungan dari KAHMI, juga kader-kader HMI Maros, serta dukungan semua pihak. Kami sangat berterimakasih kepada semua elemen yang telah membantu,” ungkapnya.

Dialog nasional ini diikuti ratusan mahasiswa kader HMI, organisasi kepemudaan dan unsur lainnya. (*)

CaBer Maros Hamzah Usman

Comment

error: Content is protected !!