Beranda Luwu Serunya Pawai Obor Taptu Kemerdekaan NKRI di Luwu

Serunya Pawai Obor Taptu Kemerdekaan NKRI di Luwu

Serunya Pawai Obor Taptu Kemerdekaan NKRI di Luwu

LUWU, CARI BERITA – Malam penetapan waktu (taptu) adalah tradisi Nusantara Indonesia untuk mengenang hari Kemerdekaan NKRI.

Jumat malam (16/08/19), Ratusan aparatur Negara mulai dari TNI-PORLI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, BPBD Kab. Luwu hingga insan pemuda dari kalangan Pramuka dan pelajar SLTA, menerangi Ruas Jalan lingkar kota Belopa dengan Pawai Obor, ini sebagai tanda meriahnya peringatan HUT RI KE-74 di Tanah Luwu.

Kapolres Luwu AKBP Dwi Santoso,SIK,MH selaku pemimpin Apel menyulut api obor dari perwakilan tiap-tiap peserta Taptu sebagai simbolis pelepasan Pawai Obor keliling Belopa.

Semangat perjalanan para peserta menuai antusias dari masyarakat sekitar untuk menyaksikan momen tahunan ini.

Turut hadiri Buapti Luwu Drs. H. Basmin Matayang,M.Pd, Ketua DPRD Luwu Andi Abd. Muharrir,SE, Pabung Kodim 1403 Sawerigading Palopo di Belopa Mayor. Inf. Syafruddin, Pejabat Utama, para perwira dan Kapolsek Jajaran Polres Luwu, Para Danramil, para kepala SKPD Pemda Luwu, segenap tokoh masyarakat, agama, pemuda , perempuan dan organisasi kemudaan lainnya.

Usai pelaksanaan Taptu AKBP Dwi mengatakan bahwa Pawai Obor adalah lambang pergerakan kemerdekaan Indonesia.

“Makna yang tergambar dari taptu dan pawai obor untuk mengingat kembali perjuangan pahlawan kemerdekaan yang dimanifestasikan melalui pergerakan membawa obor. Pelaksanaan taptu dan pawai obor tidak terlepas dari upaya mengingat kembali perjuangan para Pahlawan Bangsa hingga mencapai Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.” Ulas Dwi Santoso.

“Melalui pergerakan membawa obor di malam taptu ini diharapkan bisa mengilhami semangat para pejuang dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan kepada generasi sekarang,” tutupnya.

Comment

error: Content is protected !!