Beranda Jeneponto TPID & Dinas PMD Jeneponto, Giat Bursa Inovasi Desa 2019, H.Paris: Mari Berinovasi Untuk Bangun Desa

TPID & Dinas PMD Jeneponto, Giat Bursa Inovasi Desa 2019, H.Paris: Mari Berinovasi Untuk Bangun Desa

0
TPID & Dinas PMD Jeneponto, Giat Bursa Inovasi Desa 2019, H.Paris: Mari Berinovasi Untuk Bangun Desa

JENEPONTO, RRN — Tim Pelaksana Inovasi Desa TPID Jeneponto kerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Jeneponto melaksananakan bursa inovasi desa di ruang pola kantor bupati jeneponto, rabu (24/7/2019).

Bursa inovasi desa tahun 2019 ini dilaksanakan selama tiga hari dari 23 sampai 25 Juli 2019, selain ruang pola kantor bupati Jeneponto juga dilaksanakan langsung di kantor kecamatan yang meliputi region 2.

Tema bursa inovasi desa yakni Desa berinovasi, desa membangun mewujudkan jeneponto smart, adapun region 2 yang dimaksud meliputi lima kecamatan yakni kecamatan binamu, kecamatan bonto rambut, kecamatan kelara, kecamatan rumbia dan kecamatan turatea.

Desa Beroanging Kecamatan Bangkala barat telah berinovasi dengan merakit mesin diesel kecil dari alat-alat mobil bekas menjadi kendaraan transportasi pertanian yang tangguh.

Luasnya lahan pertanian menghasilkan jagung dan gabah yang melimpah ketika musim panen tiba, salah satu kendala yang dihadapi yakni kendaraan operasional untuk memobilisasi hasil panen.

“Ini berguna menjangkau area persawahan maka dibutuhkan mobilisasi yang berfungsi menguntungkan petani, dibuktikan dengan mewujudkan kendaraan operasional”, ujar Makmur Sijaya Kadis PMD Jeneponto

Desa Beroanging Kecamatan Bangkala barat telah berinovasi dengan merakit mesin diesel kecil, tractor bekas dan alat-alat mobil bekas menjadi tranaportasi pertanian yang tangguh.

Bursa inovasi desa tahun 2019 di buka oleh H.Paris Yasir, SE Wakil Bupati Jeneponto, “Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan sukses, Insya Allah desa Bulo-bulo kecamatan Arungkeke akan mewakili kabupaten Jeneponto mengikuti event pada tingkat provinsi sulawesi selatan”, tuturnya

Bursa inovasi desa tahun 2019 dihadiri oleh Dinas PMD Provinsi sulawesi selatan, Komandan Kodim Jeneponto, Sekretaris Daerah Jeneponto, perwakilan kapolres, para camat, kepala desa se kabupaten Jeneponto serta penggiat inovasi desa.

(Andi Zulkarnain Karpas)

Comment

error: Content is protected !!